Sebagai material pembuatan digunakan Lem dan Paku.
2. Kebutuhan Kontruksi Kayu
a. Sangat terpengaruh oleh perubahan kelembapan suhu di udara
b. Tidak tahan terhadap serangan serangga pemakan kayu
c. Memerlukan perawatan khusus dan cermat
d. Tidak dapat menopang beban yang berat
B. Kontruksi Truss
Adalah kontruksi pesawat terbang yang dibentuk / dibangun dari potongan Pipa – pipa baja kecil yang dilas. Bentuk / bangunan sesuai dengan kehendak pembuatnya. Sebagai kulit ( Skin ) menggunakan kain katun ( Fabric ) yang diikat dengan benang untuk menutupi material kerangka dan dilaisi oleh Dope.
Dope adalah cairan sejenis cat yang berguna agar fabric menjadi tegang dan kedap air dan udara.
1.Ligther than aircraft ( Pesawat lebih ringan dari udara )
ØAirship
ØFree ballon
ØKite ballon
2.Heaver than aircraft ( Pesawat lebih berat dari udara )
ØRocket
ØAeroplant ( sayap tetap )
ØWing rotary
ØGlider
PERKEMBANGAN PESAWAT TERBANG
-Pembuatan ballon-ballon udara tidak seperti pesawat pesawat dengan sayap tetap (Fixed Wing Aircraft )
-Alasanya karena ballon-ballon harus diisi dengan gas hydrogen atau helium yang mudah terbakar jadi bahaya kebakarannya lebih besar , juga kecepatan ballon udar yang sangat lambat.
BAGIAN – BAGIAN UTAMA PESAWAT TERBANG
1.FUSELAGE ( Badan)
2.WING ( Sayap )
3.CONTROL SURFACE ( Kemudi )
4.EMPENAGE ( Bidang Ekor )
5.LANDING GEAR ( Alat Pendaratan )
GAYA – GAYA PADA PESAWAT TERBANG
1.LIFT ( Gaya Angkat )
2.TRUST ( Gaya Tarik / Dorong )
3.DRAG ( Gaya Hambat )
4.WEIGHT ( Gaya Berat )
JENIS PESAWAT TERBANGSesuai Letak Pemasangan Sayap
Sesuai Bentuk Sayap
ØStraight wing aircraft
ØTapered wing aircraft
ØSweept back wing aircraft
ØDelta wing aircraft
Landing Gear adalah alat pendaratan yang berfungsi sebagai Take-off , Landing , Taxi , dan menopang pesawat agar tidak runtuh
Jenis Pesawat Sesuai Jumlah Motor ( Mesin )
-Single Engine Aircraft ,
Dual Engine Aircraft dan
Multi Engine Aircraft
Semua pesawat terbang pasti mempunyai control kemudi terbang ( Flight Control Surface )yang digunakan oleh awak pesawat atau pilot untuk mengemudikan pesawatnya.
Secara umum ada 3 flight control surface yaitu:
Primary Contro Surface
Secondary Control Surface
Auxiliary Control Surface
Primary control suface terdiri dari : Rudder , Elevator , Aileron
Secondary control surface terdiri dari : Trimb dan Servo
Auxiliary control surface terdiri dari : Flaps , Slat , Slot dan Spoiler.
Di dalam dunia penerbangan anda harus memiliki surat kecakapan atau sebuah izin atau sering disebut licence. Disini aku sebutkan dehh !! Licence for Mechanic.
MATEMATIKA , FISIKA , BAHASA INGGRIS lo harus baik ...
Lulus smp lanjutin aja ke smk penerbangan, apalagi yang semasa kecil suka main Flight Simulator jangan cuma bisa main dan melototin di depan komputer aja kamu harus bisa nerbangin pesawat beneran . Emang di Indonesia gag banyak smk Penerbangan sekitar 20 Sekolah , tapi ngak papa dong di coba aja ...
Disana mungkin ada 2 jurusan :
1. Airframe Power Plant
2. Electrical Avionic
Setelah lulus lo bisa langsung ke Sekolah lebih tinggi misalnya :
CURUG, STPI, ATKP, UNIVERSITAS NURTANIO , STTKD, ITB, ITS dan masih banyak lagii ...
jadi mari kita belajar bersama di dunia penerbangan ...
Ingat : BUATLAH SEBUAH PRESTASI YANG MEMBANGGAKAN ...