Sunday, November 5, 2017
Monday, December 30, 2013
Basic Aircraft Structure ( Dasar Strukture pada Pesawat )
following five major units: ( ada 5 bagian utama pada pesawat )
1. Fuselage
2. Wings
3. Stabilizers
4. Flight controls surfaces
5. Landing gear
A rotary-wing aircraft consists of the following
four major units: ( 4 bagian utama pada helikopter )
1. Fuselage
2. Landing gear
3. Main rotor assembly
4. Tail rotor assembly
STRUCTURAL STRESS
Five Types Of Stress: ( 5 stress yang terjadi pada kontruksi pesawat pesawat )
Tension Stress
Compression Stress
Torsion Stress
Shear Stress
Bending Stress
2. Compression is the stress that resists a crushing force. The compression strength of a material is also measured in Psi; compression is the stress that tends shortens aircraft
3. Torsion is the stress that produces twisting, while aircraft moving forward the engine also tends to twist it to one side, but other aircraft components hold it on course; thus torsion is created. The torsion strength of a material is its resistance to twisting or torque.
4. Shear is the stress that resists the force tending to cause one layer of material to slide over an adjacent layer. Two riveted plates in tension subject the rivets to a sharing force. Aircraft parts, especially screws, bolts, and rivets are often subjected to a sharing force.
5. Bending stress is a combination of compression and tension (compressed) on the inside on the bend and stretched on the outside of the bend.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: "ca-pub-9735580746092485",
enable_page_level_ads: true
});
Wednesday, January 9, 2013
Huruf Penerbangan
A: Alpha
B: Bravo
C: Charlie
D: Delta
E: Echo
F: Foxtrot
G: Golf
H: Hotel
I: India
J: Juliet
K: Kilo
L: Lima
M: Mike
B: Bravo
C: Charlie
D: Delta
E: Echo
F: Foxtrot
G: Golf
H: Hotel
I: India
J: Juliet
K: Kilo
L: Lima
M: Mike
N: November
O: Oscar
P: Papa
Q: Quebec
R: Romeo
S: Sierra
T: Tango
U: Uniform
V: Victor
W: Whiskey
X: X-ray
Y: Yankee
Z: Zulu
O: Oscar
P: Papa
Q: Quebec
R: Romeo
S: Sierra
T: Tango
U: Uniform
V: Victor
W: Whiskey
X: X-ray
Y: Yankee
Z: Zulu
Saturday, March 26, 2011
KONTRUKSI PESAWAT TERBANG
KONTRUKSI PESAWAT TERBANG
Jenis Kontruksi Pesawat Terbang
a. Kontruksi Kayu
b. Kontruksi Truss
c. Kontruksi Geodetic
d. Kontruksi Monocoque
A. Kontruksi Kayu ( Wooden Contruction )
1. Jenis Kayu yng dipakai :
a. Kayu Spruce
b. Kayu Mahoni
c. Kayu Balsa
Sebagai material pembuatan digunakan Lem dan Paku.
2. Kebutuhan Kontruksi Kayu
a. Sangat terpengaruh oleh perubahan kelembapan suhu di udara
b. Tidak tahan terhadap serangan serangga pemakan kayu
c. Memerlukan perawatan khusus dan cermat
d. Tidak dapat menopang beban yang berat
B. Kontruksi Truss
Adalah kontruksi pesawat terbang yang dibentuk / dibangun dari potongan Pipa – pipa baja kecil yang dilas. Bentuk / bangunan sesuai dengan kehendak pembuatnya. Sebagai kulit ( Skin ) menggunakan kain katun ( Fabric ) yang diikat dengan benang untuk menutupi material kerangka dan dilaisi oleh Dope.
Dope adalah cairan sejenis cat yang berguna agar fabric menjadi tegang dan kedap air dan udara.
Pengertian Pesawat
PENGERTIAN PESAWAT TERBANG
- Semua benda yang bias bertahan di Udara
Pesawat terbang dibagi mejadi 2 bagian :
1. Ligther than aircraft ( Pesawat lebih ringan dari udara )- Semua benda yang bias bertahan di Udara
Pesawat terbang dibagi mejadi 2 bagian :
Ø Airship
Ø Free ballon
Ø Kite ballon
2. Heaver than aircraft ( Pesawat lebih berat dari udara )
Ø Rocket
Ø Aeroplant ( sayap tetap )
Ø Wing rotary
Ø Glider
PERKEMBANGAN PESAWAT TERBANG
- Pembuatan ballon-ballon udara tidak seperti pesawat pesawat dengan sayap tetap (Fixed Wing Aircraft )
- Alasanya karena ballon-ballon harus diisi dengan gas hydrogen atau helium yang mudah terbakar jadi bahaya kebakarannya lebih besar , juga kecepatan ballon udar yang sangat lambat.
1. FUSELAGE ( Badan)
2. WING ( Sayap )
3. CONTROL SURFACE ( Kemudi )
4. EMPENAGE ( Bidang Ekor )
5. LANDING GEAR ( Alat Pendaratan )
GAYA – GAYA PADA PESAWAT TERBANG
1. LIFT ( Gaya Angkat )
2. TRUST ( Gaya Tarik / Dorong )
3. DRAG ( Gaya Hambat )
4. WEIGHT ( Gaya Berat )

Ø Tapered wing aircraft
Ø Sweept back wing aircraft
Ø Delta wing aircraft
Wednesday, March 16, 2011
Bagian- bagian Wing ( Sayap Pesawat )
- Wingtip
- Low Speed Aileron
- High Speed Aileron
- Flap track fairing
- Krüger flaps
- Slats
- Three slotted inner flaps
- Three slotted outer flaps
- Spoilers
- Spoilers Air-brakes
Flight Control Pada Pesawat Terbang
Semua pesawat terbang pasti mempunyai control kemudi terbang ( Flight Control Surface )yang digunakan oleh awak pesawat atau pilot untuk mengemudikan pesawatnya.
Secara umum ada 3 flight control surface yaitu:
- Primary Contro Surface
- Secondary Control Surface
- Auxiliary Control Surface
- Primary control suface terdiri dari : Rudder , Elevator , Aileron
- Secondary control surface terdiri dari : Trimb dan Servo
- Auxiliary control surface terdiri dari : Flaps , Slat , Slot dan Spoiler.
Subscribe to:
Posts (Atom)